Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Promosi Sukses !

Dalam bisnis, hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan adalah promosi. Untuk membuat promosi itu sendiri berhasil, menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar hal yang harus diperhatikan adalah strateginya. Sebab, promosi yang dilakukan tanpa sebuah perencanaan hasilnya tidak akan maksimal.

Dan berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan jika hendak melakukan promosi bisnis,

  1. Perencanaan

Sebuah promosi yang dilakukan tanpa perencanaan sama saja Anda hanya buang-buang budget. Luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, seperti mengatur budget marketing , dan produk mana kah yang ingin dipromosikan. Perhitungkan juga diskon atau gimmick yang akan diberikan, jangan lupa untuk memperhitungkan waktu juga dengan detail.

Tentukan target pasar, kemudian cari celah bagaimana produk Anda akan diterima oleh pasar nantinya. Langkah selanjutnya setelah mengatur beberapa hal di atas adalah memikirkan secara long term, pikirkan bagaimana menjaga pelanggan tetap mempercayai Anda.

  1. Budget

Budget atau anggaran juga harus Anda perhatikan dan tidak boleh di lewatkan, hitung dengan akurat dan sesuaikan dengan perencanaan yang dibuat. Pastikan juga anggaran yang Anda keluarkan untuk promosi efektif dan terhindar dari pemborosan.

  1. Tentukan Platform / Media

Jika semua strategi dan anggaran sudang matang, maka tentukan platform atau media yang akan digunakan untuk promosi. Pastikan media promosi yang akan Anda gunakan sesuai dengan budget dan produk yang ditawarkan.

Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar mengatakan bahwa dalam promosi, cara memaksimalkan iklan adalah dengan memakai platform iklan yang bisa meminimalisir budget namun tetap efetif.  Dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan internet. Anda bisa memakai jasa digital advertising dan melakukan promosi sendiri dengan menggunakan social media yang Anda miliki secara gratis.

  1. Perhatikan Kredibelitas

Untuk membuat pelanggan Anda percaya, tertarik dan berakhir membeli, Anda harus memperhatikan branding. Buat bisnis Anda selalu kredibel dengan memperhatikan komponen-komponen penting seperti logo, website, dan social media.

Ketika mereka tertarik dengan promosi yang Anda berikan, tentu hal pertama yang mereka cari adalah profile bisnis Anda. Di era yang serba maju tentu mereka akan mencari di Internet, oleh karena itu bisnis Anda juga harus memiliki aset di digital.

  1. Fokus dan Konsisten

Setelah semua siap, maka saat melakukan promosi Anda harus fokus dan konsisten. Bangun tim marketing Anda untuk menjadi pribadi yang fokus, konsisten dan bertanggung jawab. Tanpa tim yang solid, tentu strategi marketing sebagus apapun hasilnya tidak akan maksimal.

Demikian adalah hal yang harus Anda perhatikan agar promosi menjadi sukses menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar. Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal kecil dengan detail sebelum melakukan promosi, sebab hal yang biasa Anda anggap sepele bisa mempengaruhi hasil akhir.

Leave a comment

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close