Apa Makna Kegagalan Bagi Anda ?

Kegagalan bagi seorang Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar adalah sebuah proses yang akan membuat diri menjadi lebih kuat dan tak terkalahkan nantinya. Gagal tidak selamanya berarti kalah, gagal hanyalah sebuah tes dari serangkaian proses yang sedang dijalani.

Jika Anda gagal dalam berbisnis, maka Anda belum kalah. Tidak seharusnya Anda menyerah, berhenti dan menghakimi diri sendiri bahwa bisnis bukanlah hal yang cocok untuk Anda. Justru seharusnya ketika bisnis mengalami kegagalan, Anda menjadi lebih peka dan perencanaan bisnis Anda semakin tajam.

Ketika sesuatu mengalami kegagalan, berarti ada sesuatu yang kurang dari hal tersebut. Seperti yang dikatakan oleh Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, saat gagal Anda harus mengkaji ulang semua yang telah Anda kerjakan. Bangun lagi dari awal, dengan perencanaan yang lebih detail dan strategi yang lebih matang.

Dengan gagal maka Anda akan dituntut untuk belajar lebih keras lagi, dan dengan gagal maka secara tidak langsung Anda juga akan keluar dari zona nyaman. Dalam bisnis kegagalan adalah hal biasa, ketika baru gagal sekali Anda sudah menyerah maka sudah dipastikan bahwa Anda memang tidak berhak untuk sukses.

Kesuksesan hanya diperuntukkan bagi mereka yang terus berusaha dan bangkit sekalipun sudah berkali-kali mengalami kegagalan. Jika Anda ingin sukses, maka rasa putus asa dan pesimis harus Anda buang jauh-jauh.

Dengan gagal, maka mental Anda akan lebih kuat dalam menghadapi tantang bisnis lainnya. Bisnis yang Anda rintis pun akan semakin kokoh berdiri- karena setiap mengalami kegagalan Anda selalu memanage dengan baik.

Oleh karenanya, agar bisnis tidak mengalami kegagalan Anda harus mempunyai sikap leadership yang tinggi. Bangun tim Anda dan ajarkan tentang makna tanggung jawab dan rasa saling memiliki. Sebuah bisnis akan berjalan lancar jika semua orang yang berkaitan dengan bisnis tersebut merasa memiliki bisnis itu. Dengan adanya rasa memiliki itu lah, Anda dan karyawan Anda akan berusaha menjaga bisnis tersebut sebaik mungkin.

Dengan terus menjaga bisnis tetap berjalan tanpa kendala, maka akan tercipta inovasi-inovasi baru. Pembaruan dan review yang terus dilakukan akan membuat bisnis tahan dalam menghadapi masalah nantinya. Tim yang solid juga akan membuat bisnis mampu menghadapi kendala dan tantangan bisnis.

Seperti yang dikatakan oleh Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Apa arti kegagalan bagi Anda ?

 

Leave a comment

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close