Hendri Sutandinata Maya Muncar – Tentang Bootstrap Dan Manfaatnya

Hendri Sutandinata Maya Muncar – Bootstrap merupakan istilah pendanaan sendiri, baik untuk bisnis maupun untuk membuat sebuah kegiatan. Contohnya adalah ketika Anda berencara menyelenggaranan suatu kegiatan maupun acara, maka tidak harus mengandalkan dana dari pihak luar, karena Anda bisa mencari pendanaan sendiri. Dan bagi Anda yang ingin mulai membangun sebuah bisnis, Hendri Sutandinata Maya Muncar mengatakan bahwa Anda juga bisa memanfaatkan strategi bootstrap.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tambahan modal untuk membuka usaha yang diinginkan. Meminta tambahan dana dari pihak eksternal memang lebih mudah, karena dana yang diperoleh jauh lebih besar dibandingkan bootstrap. Akan tetapi, proses permintaan dana dari pihak luar cukup merepotkan dan terbilang ribet.

Hendri Sutandinata Maya Muncar mengatakan bahwa Anda perlu mengurus proposal usaha dan menyiapkan beberapa berkas, belum lagi menyiapkan presentasi terkait usaha yang dijalankan. Walaupun modal yang didapatkan dari bootstraop cenderung lebih kecil, namun Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Berikut ini ada beberapa manfaat yang dimsampaikan oleh Hendri Sutandinata Maya Muncar, yang mana bisa Anda dapatkan dari sistem bootstrap. Yakni :

  1. Memiliki Kontrol Mutlak Pada Bisnis

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan dari sistem bootstrap adalah kuasa mutlak atau penuh pada bisnis yang dijalankan. Semua kebutuhan dan strategi bisnis berdasarkan pada keputusan dan pertimbangan Anda sendiri. Hendri Sutandainata Maya Muncar mengatakan singkatnya adalah Anda bertindak sebagai bos.

Tentunya hal ini berbeda dengan sistem bantuan dari pihak eksternal dimana Anda harus melaporkan hasil bisnis secara rutin. Selain itu, ada juga sistem bagi hasil yang sudah disepakati di awal. Dengan sistem bootstrap, keuntungan dari usaha Anda dapatkan secara penuh.

  1. Bebas Dari Tekanan Bisnis

Mendapat dana dari investor memang menguntungkan, tapi ingat lagi dengan konsekuensinya. Anda tentu terikat dengan hubungan atau kontrak dengan investor tersebut. Terlebih jika dana yang diberikan oleh investor jumlahnya besar. Setiap gerakan yang Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis akan selalu diamati oleh investor yang bersangkutan.

Jika Anda menentukan pilihan yang salah, maka investor memiliki hak untuk mengatur Anda. Kenapa?

Hal ini dikarenakan ia menanamkan uangnya pada bisnis Anda. Dan jika bisnis yang dijalankan tidak berlangsung dengan baik, maka perputaran bisnis akan lambat dan membuat investor merugi. Hal ini menjadi tekanan bagi seorang pengusaha dan berdampak tidak baik untuk kelanjutan usaha.

Karena itulah, sistem bootstrap dibilai lebih menguntungkan. Hendri Sutandinata Maya Muncar menjelaskan bahwa hal ini dikarenakn Anda mengambil alih penuh pada bisnis yang dijalankan sehingga terhindari dari yang namanya perselisihan pendapat.

  1. Keuntungan Yang Lebih Besar

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Hendri Sutandinata Maya Muncar pada poin pertama, jika Anda memilih sistem investor dari luar, maka keuntungan akan dibagi dua dengan investor. Hal ini sebenarnya merugikan Anda, terlebih jika keuntungan bisnis yang didapat kecil sehingga semakinsedikit juga presentase keuntungan yang Anda dapatkan.

Walaupun jumlah modal yang didapatkan dari sistem bootstrap terbatas, namun Anda memiliki hak mutlak 100% atas keuntungan yang diperoleh. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan hasil jering payah sendiri tanpa membaginya dengan mintra kerja sama lain dari usaha yang dibangun.

  1. Fokus Mengembangkan Bisnis

Semakin besar keuntungan yang didapatkan, maka semakin besar juga peluang untuk mengembangkan bisnis. Keunrungan yang didapatkan bisa dijadikan modal untuk menambahkan nilai aset saat menjalankan bisnis. Selain itu, Anda juga akan lebih fokus untuk memperluas jangkauan bisnis dengan memanfaatkan keuntungan bisnis yang didapat.

  1. Fokus Pada Pelanggan

Apa hubungan bootstrap dengan pelanggan?

Keterbatasan dana yang Anda miliki secara tidak langsung berpengaruh pada kemampuan produksi. Sehingga Anda akn lebih berusaha untuk fokus memproduksi barang yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dan guna mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda bisa melakukan riset pasar dengan melakukan terjun langsung ke lapangan sekaligus mengetahui keadaan pasar sebenarnya.

Hendri Sutandinata Maya Muncar menjelaskan, awalnya bootstrap memang terlihat tidak menguntungkan. Karena terbatasnya dana yang Anda miliki akan sedikit sulit mengembangan bisnis. Namun, sejatinya cara ini akan membuat Anda berfikir lebih kuat dan luas lagi tentang apa yang sebaiknya dilakukan serta benar-benar dibutuhkan oleh calon konsumen serta mampu mempertahankan laju usaha.

Leave a comment

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close