Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar – Cara Melakukan Negosiasi Bisnis Dengan Mulus

Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar – Di dalam dunia bisnis, tentu sebuah negosiasi sangat penting untuk mendapatkan keputusan yang tepat atau setidaknya win win solution. Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar mengatakan, mungkin negosiasi adalah dunia yang berbeda pada sebagian besar orang, tetapi sebagai seorang pengusaha harus mengetahui bahwa negosiasi itu penting namun tetap menggunakan cara yang halus.

Jika Anda bisa mempertajam keahlian negosiasi, Anda akan bisa membuka opsi dan peluang yang mungkin sebelumnya tertutup bagi Anda. Ini bisa mengubah hidup Anda sepenuhnya. Dalam artian, Anda akan mendapatkan sesuatu hal yang tidak mungkin dalam hidup Anda menjadi mungkin.

Berikut ini adalah hal – hal yang dapat Anda lakukan dalam bernegosiasi :

  1. Ketahui apa yang Anda inginkan dan apa yang tidak Anda inginkan

Salah satu hal paling penting yang dilakukan oleh orang yang bernegosiasi adalah mencari tahu apa yang ia sedang coba raih. Ketika Anda tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan, Anda akan memiliki tujuan dalam menjaga proses menuju goal Anda dan menghindari hal-hal yang dapat membuat Anda terlempar keluar dari tujuan Anda.

  1. Manfaatkan potensi BATNA

BATNA adalah Best Alternative To Negotiated Agreement. Dalam negosiasi, kekuatan berasal dari pilihan alternatif. Anda harus mencari tahu BATNA Anda. Dengan melakukan ini Anda bisa meningkatkan kekuatan negosiasi dimana nantinya ini akan membuat kuasa dan pengaruh Anda menjadi lebih besar. Anda tidak boleh menerima deal kecuali deal ini lebih baik dari BATNA Anda.

  1. Incar sesuatu yang lebih tinggi dari hanya sekedar win-win solutions

Saat Anda mulai meningkatkan keahlian negosiasi Anda, Anda pasti akan tergoda untuk mencari solusi win-win. Menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, melakukan ini sepertinya adalah jalan yang hebat untuk menjaga hubungan dengan partner negosiasi Anda agar tetap positif, tetapi sebenarnya pendekatan seperti ini adalah bunuh diri, yang menyebabkan Anda berdua puas dengan solusi yang masuk akal.

Contoh, Irwan yang bekerja sebagai makelar properti mencoba agar kliennya dan penjual setuju pada suatu harga. Pembeli pindah dari kota dengan pajak yang rendah ke kota yang cukup mewah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Ternyata harga antara dua sisi ini berbeda sebesar U$600. Jadi Irwan bekerjasama dengan agen dari sisi penjual dan berkata, tandatangani deal ini sekarang dan kita potong komisi kita sebesar U$150. Jadi kita semua harus membayar U$150 per orang. Dengan begitu, perselisihan harga sebesar U$600 bisa kita atasi dengan menanggung beban secara bersama. Deal-nya ditutup dan kedua agen bersulang pada suatu win-win solution.

Padahal sebenarnya, Irwan tidak sadar bahwa ada suatu nilai yang tertinggal di meja negosiasi bahwa klien membutuhkan agen properti untuk menjual propertinya yang lama. Seharusnya Irwan mencari deal yang lebih baik daripada hanya sekedar win-win solution.

Itulah tadi ulasan yang dapat Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar sampaikan pada artikel ini, semoga bisa menginspirasi pembaca dan bermanfaat. Terima kasih.

Leave a comment