Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar – Langkah Sukses Berbisnis

Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar – Sebelum memulai bisnis, Anda perlu membuat rencana bisnis atau model bisnis lengkap dengan targetnya. Selanjutnya, lakukan uji kelayakan untuk mengetahui apakah bisnis tersebut bisa mendatangkan keuntungan atau tidak. Anda juga dapat melakukan uji sampel untuk melihat reaksi dan memperoleh feedback dari usaha Anda. Dari sana, Anda bisa memperbaiki aspek-aspek yang masih kurang dan memperbaiki peluang sukses Anda.

Menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, rencana bisnis merupakan sebuah rencana kegiatan organisasi yang disusun untuk jangka waktu tertentu dan menjadi sebuah pedoman dalam mencapai tujuan bisnis. Anda membutuhkan sebuah metode sistematis yang terukur dalam mencapai tujuan, misalnya dengan sebuah rencana bisnis dan program kerja yang efektif. Berikut adalah poin – poin rencana bisnis :

  1. Pernyataan misi bisnis yang jelas.
  2. visi yang menggambarkan tujuan bisnis secara luas untuk jangka panjang.
  3. Mengidentifikasi calon pembeli atau siapa calon pembeli, siapa calon pembeli potensial, bagaimana cara menarik calon pembeli, dan lain sebagainya.
  4. Siapa saja yang menjadi pesaing berikut kelebihan dan kekurangannya.
  5. Kondisi pasar dan peramalan kondisi pasar ke depannya.
  6. Sistem pemasaran yang akan digunakan dan tujuan pemasarannya.

Setelah memiliki rencana bisnis, Anda juga harus mengurus legalitas bisnis dan pengurusan pajak. Hal ini merupakan suatu keharusan dalam membangun sebuah usaha yang sukses. Anda perlu menentukan tergolong dalam jenis apakah bisnis Anda dan mengurus seluruh legalitas dan pajak yang harus dibayarkan. Sebagai contoh, apakah Anda akan membuat lembaga seperti Persekutuan Komanditer (Comanditaire Venootschap) atau PT? Persekutuan Komanditer atau sering disingkat CV merupakan sebuah persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada pihak lain yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

Sedangkan Perseroan Terbatas (PT) atau dalam bahasa Belanda disebut Naamloze Vennootschap merupakan suatu badan hukum untuk menjalankan usaha dengan modal yang terdiri dari saham-saham, dimana pemiliknya memiliki bagian sesuai jumlah saham yang dimilikinya.

Demikian ulasan yang dapat Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar sampaikan pada artikel ini, semoga apa yang telah disampaikan bisa menginspirasi pembaca dan bermanfaat. Terima kasih.

 

Leave a comment

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close